Waktu Isolasi untuk Pencegahan Penularan Virus Corona

  • Whatsapp
VIrus Corona

Salah satu cara untuk dapat memutus rantai persebaran virus corona adalah dapat untuk melakukan isolasi. Dimana tidak hanya tinggal di rumah tetapi isolasi ini juga tinggal di ruangan sendiri dan ruangan khusus apabila Anda tinggal dengan keluarga. Sehingga nantinya juga tidak bertemu selama setidaknya 2 minggu dan bisa melakukan komunikasi dengan terbatas dengan keluarga. Hal ini akan sangat bermanfaat sehingga tidak menularkan virus covid-19 ke anggota keluarga lainnya. Informasi dari Halodoc mengenai kapan waktu isolasi ini bisa diterapkan untuk beberapa keadaan. Dimana situs ini juga mempunyai banyak informasi lengkap lainnya terkait dengan pandemi corona sekarang ini. Sehingga bagi Anda yang mencari informasi mengenai langkah pencegahan, gejala, dan juga penyembuhan bisa untuk mengakses website atau aplikasi di Halodoc. Seperti untuk waktu yang tepat ketika melakukan isolasi yang berlaku dengan situasi seperti berikut ini:

  • Memiliki gejala Covid-19

Hal pertama yang bisa diperhatikan dalam isolasi adalah dilakukan ketika memiliki gejala covid-19. Bagi Anda yang mempunyai beberapa gejala covid seperti misalnya sakit demam, batuk, dan juga sesak nafas maka tentunya bisa untuk melakukan isolasi ini. Selain dapat untuk memeriksakan kondisi tersebut ke rumah sakit sehingga akan mendapatkan diagnosis yang tepat. Karena tanda tersebut bisa juga terjadi untuk penyakit lainnya, oleh karena itulah penting untuk periksa ke dokter dan tidak keluar dari rumah ketika mempunyai gejala covid-19.

  • Sebelum melakukan tes

Melakukan tes tentunya tidak mudah untuk dilakukan karena adanya pembatasan dan juga peraturan lainnya. Oleh karena itulah ketika Anda mempunyai gejala dan masih menunggu tes maka tidak boleh untuk sembarangan keluar dari rumah. Bagi Anda yang sudah mempunyai gejala maka bisa untuk melakukan isolasi diri di rumah untuk dapat menghindari penyebaran virus corona lebih luas lagi. Karena apabila Anda nantinya setelah melakukan tes dan positif corona maka dapat untuk menularkannya dengan mudah ketika masih bepergian ketika belum melakukan tes.

  • Menunggu hasil tes

Melakukan isolasi juga penting ketika Anda yang menunggu hasil tes. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tes hasil corona tersebut. Sekarang ini tes juga akan mempunyai hasil yang lebih cepat. Akan tetapi ada juga tes yang akan menunggu hasil yang relatif lebih lama. Oleh karena itulah ketika akan menunggu tes tersebut maka bisa dilakukan di rumah saja dan tidak keluar kemana-mana. Selain itu ketika melakukan tes di rumah sakit, ketika menunggu hasil tes juga akan ditempatkan di ruangan khusus sehingga dapat mencegah penyebaran lebih efektif.

  • Dinyatakan positif

Ketika Anda berstatus positif covid-19 juga tidak langsung akan mendapatkan perawatan. Dimana bagi Anda yang mempunyai status positif maka akan bisa untuk melakukan isolasi mandiri di rumah. Hal tersebut dapat dilakukan ketika mempunyai kondisi yang masih memungkinkan untuk dirawat di rumah. Sehingga dalam isolasi nantinya cukup untuk mengkonsumsi obat untuk meredakan gejala dan juga melakukan berbagai hal lainnya untuk membuat badan lebih sehat.

  • Berstatus ODP

Hal terakhir yang dapat membuat Anda diisolasi adalah karena berstatus sebagai ODP. Seperti misalnya kebijakan yang diambil adalah apabila Anda memutuskan untuk mudik maka statusnya adalah ODP karena berada dari daerah yang mempunyai kasus virus corona. Sehingga hal tersebut membuat Anda harus berdiam diri setidaknya 2 minggu di rumah agar dapat memantau kondisi apakah terinfeksi corona atau tidak.

Related posts