Pidato Kebersihan

  • Whatsapp
Pidato Kebersihan

Contoh Pidato – Dalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah ataupun di berbagai lembaga pemerintahan dan swasta, serta lingkungan masyarakat, sering kita dengar atau ikut mendengarkan sebuah pidato. Pidato biasanya disampaikan oleh orang-orang tertentu yang memiliki jabatan atau kapasitas untuk menyampaikan sebuah pidato tersebut. Namun pernahkah berpikir bahwa pidato tidak hanya bisa dilakukan oleh orang tertentu saja. Pidato bisa dilakukan oleh semua orang namun tidak semua orang mampu memberikan pidato. Begitulah kira-kira perumpamaan bahwa tidak semua mampu padahal semua punya kesempatan.

Hal tersebut dikarenakan karena kemampuan berbicara di depan publik pada beberapa orang berbeda-beda. Kemampuan berbicara di depan umum menuntut keberanian serta percaya diri yang tinggi serta wawasan dan pengetahuan yang luas. Sebagai orang yang berpidato tentu memiliki pemikiran yang selangkah lebih kedepan dan wawasan yang luas baik tentang hal yang sedang dipidatokan serta hal-hal lainnya. Nah apakah kalian bisa berpidato? Tentu saja bisa. Latihan adalah kunci diiringi dengan meningkatkan rasa percaya diri, keberanian, dan pengetahuan.

Nah dibawah ini adalah contoh pidato tentang kebersihan sebagai referensi untuk kalian.

Pidato Kebersihan

Selamat malam hadirin semuanya

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang terhormat seluruh warga Desa Sukamaju yang telah bersedia hadir pada kegiatan rapat rutin bulanan Desa Sukamaju serta perwakilan Ibu-Ibu PKK dan pemuda Desa Sukamaju.

 Marilah kita bersama menghaturkan puja dan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Mahas Esa karena rahmat beliau kita mampu berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat.

Bapak/Ibu/Adik-Adik hadirin sekalian kita ketahui bersama bahwa belakangan banjir terus berulang kali terjadi. Penyelidikan terus dilakukan dan hasilnya sama, satu penyebab utama yaitu sampah. Saya yakin bahwa semua bapak/ibu hadirin sekalian sudah membuah sampah ke tempat penampungan yang sudah Desa Sukamaju sediakan namun saya masih bingung kenapa masih terjadi banjir akibat sampah.

Sejak 2 tahun yang lalu program pemilahan sampah sudah dibentuk, TPA sudah disediakan dan untuk beberapa bagian Desa kami sudah siapkan armada untuk menjemput sampah dan biayanya juga sangat kecil sekali karena sudah berdasarkan rapat desa. Jadi saya mohon kepada seluruh bapak/ibu yang telah hadir malam ini khususnya para ketua RT agar lebih mengawasi lagi warganya dalam hal pembuangan sampah.

Ketika kita mampu mengelola sampah dengan baik, memilah, dan membuah pada tempat yang sudah disesuaikan, itu akan sangat membantu banyak hal. Petugas sampah tidak akan sulit memilah kembali, secara tidak langsung meringankan pekerjaan mereka, membuang sampah ke TPA sudah sangat jelas tidak merugikan alam khususnya sungai di sekitar, saat hujan banjir pun tidak akan terjadi bila aliran air tidak tersumbat oleh sampah warga.

Maka dari itu, kepada semua warga Desa Sukamaju yang sangat saya banggakan, mari kita saling bahu membahu bahwa masalah kebersihan ini adalah masalah untuk kita selesaikan bersama. Saat rumah dan lingkungan sudah bersih dari sampah dan sampahnya dikelola dengan baik, Desa kita akan menjadi desa contoh, dan tidak hanya itu kita tentu akan menikmati suasana lingkungan bebas sampah.

Bapak/Ibu/ serta adik adik pemuda saya ingatkan kembali bila tidak kita yang peduli, siapa lagi. Banjir kemarin kita semua berharap tidak akan terjadi karena masalah sumbatan sampah warga kembali. Bilamana terjadi bukan karena masalah sampah, mari kita carikan solusi bersama.

Hadirin sekalian, sekian yang dapat saya sampaikan.  Semoga apa yang saya sampaikan dapat kita pahami dan terapkan di masing-masing rumah di Desa Sukamaju.

Mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan. Akhir kata saya tutup dengan selamat malam.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Related posts