sumber:m.tribunnews.com

Indonesia memiliki berbagai macam kuliner nusantara yang terkenal dengan kelezatannya. Setiap daerah, pasti memiliki makanan khasnya masing – masing. Salah satu daerah yang terkenal akan kulinernya yang enak dan lezat adalah Semarang. Jika kamu hendak berkunjung ke Semarang, jangan lupa untuk mencoba makanan berikut ini. Mau tahu makanan khas apa saja yang terkenal di Semarang? Yuk, kita simak ulasan berikut ini!

  • Soto Bangkong

Soto Bangkong

sumber:ksmtour.com

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Semarang tanpa mencoba makanan khas yang satu ini. Sejak dulu, soto bangkong memang terkenal akan kelezatan yang sangat spektakuler. Kuliner yang satu ini, dapat kamu temukan di jalan Brigjen Katamso, Peterongan, Kecamatan Semarang. Soto Bangkong disajikan dengan suwiran ayam, irisan tomat, bihun, toge dan taburan bawang merah dan putih untuk menambah aroma sedap. Dijamin, kamu pasti akan ketagihan jika sudah mencobanya.

  • Tahu Gimbal

Tahu Gimbal

sumber:goodnewsfromindonesia.id

Tahu gimbal adalah makanan khas dari Semarang dengan bahan baku tahu dan bakwan udang. Kata gimbal, diambil dari sebutan orang – orang Semarang yang artinya udang. Jadi, tahu gimbal adalah tahu yang dicampur dengan bakwan udang. Penyajian tahu gimbal adalah dengan memotong bakwan udang dan tahu menjadi kecil – kecil. Biasanya satu porsi tahu gimbal terdapat telur, lontong, irisan kol dan disiram dengan saus kacang.

  • Nasi Goreng Babat

Nasi Goreng Babat

sumber:bumbukhasdaerah.blogspot.com

Kuliner pertama yang harus kamu coba di Semarang adalah nasi goreng babat. Nasi goreng babat ini memiliki rasa yang gurih dan manis, bercampur dalam setiap porsinya. Biasanya, para pedagang nasi babat memasaknya dengan menggunakan kayu bakar. Agar aroma sedap dari kayu yang dibakar terasa.

  • Bandeng Presto

Bandeng Presto

sumber:fimela.com

Makanan selanjutnya yang tak kalah lezatnya adalah bandeng presto. Kuliner yang satu ini, benar – benar wajib banget kamu coba jika berkunjung ke Semarang. Bandeng presto, terbuat dari olahan ikan bandeng yang dimasak dengan menggunakan teknik presto. Teknik presto adalah teknik memasak dengan menggunakan uap air untuk melumatkan makanan. Contohnya seperti melumatkan daging sapi, ayam dan ikan. Teknik ini akan membuat masakan menjadi empuk. Karena, biasanya panci presto akan ditutup rapat agar uap air tidak keluar dan air tidak meluap.

  • Wedang Tahu

Wedang Tahu

sumber:bisnisukm.com

Makanan selanjutnya, pas banget nih untuk kamu yang sedang mencari kuliner minuman hangat dan segar. Wedang tahu terbuat dari kembang tahu, gula jawa dan jahe. Selain nikmat dan segar, wedang tahu ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Diantaranya, menurunkan kolesterol, melancarkan ASI, memperbaiki metabolisme, serta menurunkan tekanan darah tinggi.

  • Pisang Planet

Pisang Planet

sumber:meramuda.com

Tidak banyak orang tahu makanan kuliner yang satu ini. Tapi jangan salah lho, cita rasa dari pisang planet ini tak kalah nikmat dari makanan – makanan yang lainnya. Dinamakan pisang planet, karena berbentuk lingkaran dan hampir mirip dengan planet. Penyajian dari pisang planet ini hampir mirip dengan roti isi. Awalnya, pisang yang telah dipotong pipih dibakar menggunakan api kecil. Lalu, pisang dilumuri margarin, sebagai tambahannya. Kemudian, pisang ditambahkan meises, coklat, selai nanas, gula bubuk dan lain sebagainya. Setelah itu, tutupi kembali dengan pisang.

  • Tahu Pong

Tahu Pong

sumber:travelingyuk.com

Tidak hanya sumedang saja yang mempunyai kuliner tahu. Ternyata, Semarang juga punya kuliner tahu yaitu tahu pong. Pada umumnya, tahu dibuat padat dan rongga tengah terisi. Namun, lain halnya dengan tahu pong yang tidak memiliki isi di tengah tahunya. Itulah alasan, kenapa kuliner tersebut dinamakan tahu pong. Pong adalah singkatan dari kopong yang artinya kopong.

Itulah beberapa makanan khas dari semarang, yang wajib kamu cobain jika berniat berkunjung ke Semarang untuk kulineran. Baca juga Apa Saja Kelebihan Kartu Prabayar?.