Cara Tingkatkan Customer Experience di Perusahaan Asuransi

  • Whatsapp
Customer Experience

Mereka yang membeli asuransi umumnya jenis pelanggan yang mudah merubah keputusannya. Mereka akan membandingkan setiap tawaran yang datang, sebelum akhirnya menentukan pilihan produk asuransi mana yang dinilai menguntungkan.

Tidak hanya itu, mereka dikenal sangat cermat dengan harga, selalu mempertimbangkan tawaran dari berbagai sisi, hingga riwayat atau latar belakang dari perusahaan asuransi tersebut. Cacat sedikit saja bisa berpengaruh besar pada pilihan mereka.

Untuk menarik minat dan menjaga kepercayaan mereka, berikut beberapa trik yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan pengalaman, dan kepuasan pelanggan asuransi.

1. Sediakan Aplikasi Online

Survei terbaru terkait kebiasaan pelanggan asuransi menyebut jika informasi yang tertera di website dan aplikasi seluler lebih banyak dipilih oleh pelanggan dalam mencari informasi produk asuransi yang cocok dengan kebutuhannya, ketimbang harus bertemu langsung dengan sales asuransi.

Hal ini tidak lepas dari kebiasaan para pelanggan asuransi yang sering membandingkan satu produk dengan produk lainnya untuk memastikan pilihan mereka sesuai dengan yang dibutuhkan.

Tidak hanya itu, ketersediaan aplikasi online memungkinkan pelanggan untuk mengetahui lebih banyak informasi terbaru, mulai dari penawaran produk baru, tautan untuk membeli polis, hingga pengisian formulir pendaftaran sebagai langkah awal pembelian produk asuransi.

2. Saluran Bantuan Bebas Pulsa

Seperti disebutkan diatas, pembeli asuransi cenderung lebih suka membandingkan satu produk dengan produk lainnya, antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Untuk mendukung data perbandingan tersebut, informasi dari aplikasi dan website tentu tidak akan cukup.

Namun dalam proses seleksi awal, bicara langsung dengan sales asuransi bukan pilihan utama bagi mereka. Ada banyak alasan terkait hal ini, salah satunya karena mereka ingin pilihan mengambil sebuah produk asuransi sepenuhnya sesuai dengan pertimbangan pribadi.

Maka dari itu, penting untuk menyediakan saluran bantuan bebas pulsa yang berfungsi memudahkan pelanggan asuransi mengakses informasi pembanding terkait produk asuransi tersebut.

3. Hubungkan ke Penasihat Ahli

Layanan ini memang butuh biaya cukup besar, namun sangat dibutuhkan pelanggan asuransi untuk membantu mereka mendapat produk asuransi terbaik, sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, nasihat ahli umumnya lebih didengar, tanpa pelanggan merasa digiring untuk membeli produk tertentu.

Maka dari itu, pastikan untuk menyediakan layanan penasihat ahli yang bisa membantu mereka menemukan pilihan terbaik untuk mendapat produk asuransi, cara pembelian asuransi, dan penjelasan lainnya yang mereka butuhkan. Layanan ini bisa disediakan sebagai saluran bebas pulsa.

Riset terbaru menyebut jika pelanggan meningkat secara terukur setelah pelanggan asuransi berbicara langsung dengan ahli, sehingga mereka mendapat produk yang sesuai dengan kebutuhan, dengan proses yang lebih mudah, cepat dan sederhana.

4. Manajemen klaim berbasis AI

Jika tidak dikelola dengan baik, pengajuan dan persetujuan klaim kerap jadi masalah besar. Bahkan banyak dari pelanggan yang akhirnya menuding pihak asuransi sebagai penipu, atau hal tuduhan lainnya yang menunjukkan rasa kecewa mereka.

Maka dari itu, sediakan manajemen klaim berbasis AI yang memungkinkan pelanggan asuransi bisa mendapat penilaian klaim yang lebih adil. Selain itu, manajemen klaim berbasis AI sangat memungkinkan memotong proses klaim yang selama ini cenderung berbelit. Selain itu, Anda pun bisa melengkapi proses digitalisasi perusahaan asuransi dengan membuka API bagi pengembang. Kecepatan proses dan kepastian penilaian klaim yang adil akan memudahkan Anda membangun tingkat kepercayaan, sekaligus mewujudkan customer experience yang lebih positif. Temukan lebih banyak artikel tips dari para pakar customer experience di website CXSense.

Related posts