Cara Mengatasi Alergi Dingin yang Mudah dan Cepat ala SehatQ

  • Whatsapp
Cara Mengatasi Alergi Dingin

Alergi dingin datang dan pergi dengan pemicu tertentu. Faktanya, cara terbaik menghindari alergi dari dingin adalah menghindarinya sama sekali yang kadang tidak mungkin. Khususnya kalau sedang musim penghujan, kerja di ruang ber AC atau memang tinggal di dataran tinggi yang dingin.

Tips Mengatasi Alergi Dingin dengan Efektif dan Efisien 

Ketika alergi datang karena suhu dingin ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Cara yang cepat dan ada juga cara yang alami walau pengaruhnya tidak langsung terjadi. Berikut adalah beberapa cara manjur untuk mengatasi alergi dingin yang bisa kamu coba.

1. Jaga Suhu Tubuh Hangat

Kenakan baju tebal, kaos kaki, syal dan selimut bila perlu. Kalau kamu bepergian pastikan untuk melindungi tubuh dari cuaca dingin dengan busana yang tebal. Minum dan makanan yang hangat agar memberikan pengaruh panas baik dari dalam maupun luar. Manding air hangat bisa dicoba khususnya ketika cuaca sedang sering hujan lebih sering terasa dingin.

2. Bahan Alami Untuk Meredakan Radang

Alergi dingin kerap menyebabkan ruam merah yang gatal. Alih-alih menggaruknya, kamu bisa menggunakan bahan alami seperti lidah buaya. Oleskan sedikit getah lidah buaya untuk meredakan rasa gatalnya.

3. Hindari Pemicu

Tiap orang memiliki pemicu alergi yang berbeda-beda. Jadi, kamu perlu menghindarinya. Hindari makanan dan minuman dingin. Sebelum berenang, celupkan dahulu tangan dan lihat apakah ada reaksi alergi. Kamu harus lebih hati-hati bila memiliki alergi dengan dingin karena kadang timbul hal-hal baru yang bisa menjadi pemicu.

4. Tidak Panik

Kalau sudah didiagnosa mengidap alergi dingin, hal terbaik adalah mendapatkan saran terbaik dari dokter mengenai pencegahan dan pengobatan yang perlu dilakukan. Hindari merasa panik dan stress karena kamu hanya memperburuk gejala yang sudah ditunjukkan. Kalau sudah tahu apa yang perlu dilakukan tentu kamu akan jauh lebih siap.

5. Cukup Istirahat dan Pola Hidup Sehat

Solusi terbaik untuk segala penyakit adalah memiliki pola hidup sehat dengan asupan makanan yang tidak terlalu panas atau tidak terlalu dingin. Selain itu kamu juga membutuhkan tidur yang cukup sekitar 7 – 8 jam tiap harinya. Dengan tubuh yang sehat, gejala alergi dapat berkurang walau tidak akan bisa benar-benar hilang. Kamu hanya perlu memastikan kondisi fit, khususnya ketika cuaca yang sedang berubah-ubah.

6. Menggunakan Obat

Antihistamin adalah obat yang dianjurkan untuk mengatasi gejala alergi dingin ringan. Kalau tidak mempan bisa mencoba Omalizumab yang dapat dibeli dengan resep dokter. Kedua obat ini perlu konsultasi dengan dokter terkait dosis dan cara penggunaannya. Untuk pengobatan topikal bisa menggunakan bedak Salicyl yang memberikan sensasi dingin pada kulit yang kemerahan dan gatal karena alergi dari dingin.

7. Suntikan epinefrin

Kalau memiliki alergi pada dingin yang parah sampai menahun dan sering kambuh, kadang dokter meresepkan suntikan epinefrin ketika menunjukkan gejala alergi yang berbahaya seperti jantung berdebar dan kehilangan kesadaran. Selalu sediakan Epinefrin dalam tas untuk mengantisipasinya.

Cari tahu mengenai pencetus dan cara terbaik untuk mengatasi alergi dari dingin yang kamu alami. Salah satunya adalah melalui situs kesehatan seperti sehatQ. Obat-obatan untuk mengatasi alergi dingin di atas dapat dibeli secara online melalui SehatQ. Situsnya memuat informasi lengkap mengenai penyakit yang dicetus oleh cuaca dingin ini. Ada artikel, forum diskusi, chat langsung dengan dokter bahkan menemukan Rumah Sakit dan klinik bila perlu. Gunakan situs SehatQ untuk mengetahui tentang berbagai penyakit dan mendapatkan saran terbaik untuk mengobatinya.

Related posts