Cara Dapatkan Pelanggan Setia dengan WhatsApp Marketing

  • Whatsapp
WhatsApp Marketing

Tujuan dari pemasaran adalah mengenalkan produk, meningkatkan penjualan dan juga untuk mendapatkan pelanggan setia. Apapun jenis strategi yang digunakan, tujuan tersebut adalah yang paling utama. Salah satu teknik yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan loyalitas pelanggan adalah dengan menggunakan Whatsapp marketing. Selain murah karena anda hanya membutuhkan kuota saja, whatsapp juga mudah digunakan dengan berbagai fitur yang mendukung perkembangan usaha anda.

Jika dilihat dari penggunanya di Indonesia yang mencapai lebih dari 70 juta, aplikasi gratis ini menjadi potensi yang sangat baik untuk mempromosikan usaha anda. Namun tentunya anda harus melakukan strategi jitu dan tepat untuk bisa mendapatkan pelanggan setia. Disinilah kami akan membagikan tips dan strategi manjur menggunakan Whatsapp marketing untuk mendapatkan pelanggan setia.

Strategi WhatsApp Marketing untuk Mendapatkan Pelanggan Setia

Setiap pemasaran harus dilakukan dengan cara yang tepat agar dapat hasil yang terbaik. Begitu juga ketika anda menggunakan Whatsapp gateway Indonesia sebagai media marketing, setidaknya anda memperhatikan 6 hal berikut ini:

1. Tentukan Tujuan dan Indikator Keberhasilan

Hal pertama dan paling penting adalah anda harus menentukan tujuan dari marketing yang dilakukan. tidak semua tujuan marketing hanya untuk meningkatkan penjualan, ada juga beberapa tujuan lainnya seperti untuk mengenalkan produk, membangun brand atau mendapatkan loyalitas dari pelanggan lama.

Setelah itu, anda harus menentukan indikator apa saja yang bisa dikatakan berhasil dan juga gagal. Indikator tersebut biasa dikenal dengan key performance index (KPI) dalam dunia bisnis. Akan sangat membantu jika anda sudah menentukan indikator tersebut, misalkan respons penerima, peningkatan penjualan atau bisa yang lain.

2. Menentukan Target Audience

Strategi ini sangat menentukan apakah usaha marketing anda berjalan dengan baik atau tidak. Sebab, menentukan target sebelum memasarkan produk akan sangat memungkinkan untuk mencapai tujuan utama anda. Katakanlah anda sedang memasarkan produk mainan, maka target utama seharusnya adalah anak-anak.

3. Menggunakan WhatsApp Bisnis

Whatsapp bisnis sangat berguna sekali untuk meningkatkan trust kepada pelanggan daripada akun biasa. Dengan menggunakan akun bisnis, konsumen akan lebih percaya bahwa usaha anda memang benar-benar professional. Selain itu ada beberapa fitur yang bisa anda dapatkan disana, seperti fitur katalog, pesan otomatis, profil bisnis dan juga lainnya yang mendukung kemudahan bisnis anda.

4. Buat Brand Persona Produk Anda

Bukan hanya membangun brand yang dibutuhkan untuk mengenalkan produk kepada konsumen. Anda juga memerlukan brand persona yang merupakan ciri khusus dari produk tersebut yang membedakan dari produk lain. Tujuan dan membuat brand persona tidak lain adalah untuk memudahkan pelanggan mengingat produk yang anda pasarkan.

Untuk dapat membuat brand persona ini, kamu harus paham betul mengenai produk dan mengetahui apa yang diinginkan pelanggan. Jika anda sukses membuatnya, maka untuk mendapatkan pelanggan setia hanya tinggal menunggu waktu.

5. Menjalin Hubungan Dengan Pelanggan

Salah satu hal yang jarang dilakukan oleh pegiat bisnis adalah menghubungi pelanggan secara personal. Padahal hal ini akan sangat membantu untuk mendapatkan loyalitas mereka. Namun yang perlu diperhatikan, anda harus melakukannya pada saat yang tepat. Jangan menghubungi pelanggan dengan bar-bar karena kemungkinan mereka justru akan terganggu dengan kehadiran anda.

6. High-value Customer

Sebenarnya masih berhubungan dengan yang diatas, anda bisa menghubungi mereka pada saat ada diskon besar tanpa syarat. Atau juga mungkin ketika ada produk baru yang diyakini akan menarik perhatian pelanggan.

Sudah siap melakukan semua strategi Whatsapp untuk mendapatkan pelanggan setia diatas? Jangan lagi ditunda ya, langkah awal kesuksesan adalah dimulai sekarang juga.

Related posts