Andalkan 4 Barang Ini Guna Mendapatkan Pinjaman untuk Modal Usaha

  • Whatsapp
Pinjaman untuk Modal Usaha

Semakin meningkatnya harga kebutuhan pokok, belum lagi ditambah dengan kebutuhan-kebutuhan lainnya tentunya sangat berpengaruh terhadap tingkat pengeluaran bagi keluarga. Jika seandainya tak diimbangi dengan pemasukan yang tinggi, maka secara otomatis hal ini akan menyebabkan masalah keuangan di dalam rumah tangga, belum lagi dengan goncangan ekonomi yang sudah mulai dirasakan sejak awal merebaknya virus Corona di Indonesia dan masih terasa hingga saat ini. Atas alasan tersebut banyak yang mencari sumber pemasukan tambahan dengan memulai sebuah usaha.

Memulai usaha tentunya juga butuh modal bukan, namun tidak perlu khawatir, karena Anda dapat mengandalkan pinjaman untuk modal usaha. Banyak diantara lembaga pembiayaan baik itu bank maupun non bank yang nyatanya menawarkan produk keuangan satu ini. Tentunya dengan beragam jenis kriteria atau syarat yang diberikan, sehingga nantinya Anda sendiri juga tidak bisa begitu saja langsung mendapatkan pinjaman tersebut. Apalagi bagi yang sedang tidak bekerja dan mendapatkan gaji tetap.

Umumnya kalangan semacam ini akan lebih disarankan untuk mengambil produk pinjaman dalam jenis Kredit Multiguna atau pinjaman yang menyarankan untuk menggunakan jaminan. Lalu apa sajakah barang yang dapat dijadikan sebagai agunan untuk mendapatkan pinjaman yang satu ini, berikut yang harus diketahui, yaitu:

  1. Sertifikat rumah, jika seandainya uang modal yang Anda butuhkan nilainya begitu besar, maka bisa mengandalkan sertifikat rumah ini untuk digadaikan. Karena memang plafon pinjaman yang berasal dari sertifikat rumah ini begitu besar dibandingkan dengan yang lainnya. Namun konsekuensinya sendiri ketika tidak dapat melunasi hutang adalah semua aset tersebut harus Anda serahkan kepada bank. Jadi pastikan jangan sampai telat dalam membayar tagihannya.
  2. Sertifikat tanah, nyatanya tidak hanya rumah saja, melainkan tanah Anda juga dapat dijadikan sebagai jaminan. Umumnya nilai plafon pinjamannya sendiri memang tak sebesar rumah, melainkan juga relatif tinggi menyesuaikan dengan luas tanah tersebut dan juga taksiran pasaran harganya saat ini, apalagi jika seandainya tanah tersebut berada di lokasi yang strategis, pastinya akan jauh lebih mahal harganya.
  3. Kendaraan, ketika butuh uang pinjaman dalam jumlah yang tidak terlalu besar, maka kendaraan bermotor juga dapat dijadikan sebagai agunannya. Selain motor biasa maka Anda juga dapat mengandalkan mobil, bahkan juga kendaraan seperti pesawat juga dapat diagunkan, semakin mewah tentunya harganya sendiri juga semakin tinggi. biasanya Anda sendiri tak perlu menyertakan kendaraan tersebut untuk diagunkan, yaitu cukup dengan menggunakan surat kepemilikannya saja atau BPKB.
  4. Perhiasan, bagi yang suka mengoleksi perhiasan maka jangan khawatir, karena koleksi tersebut juga dapat diagunkan. Apalagi jika seandainya ia termasuk dalam emas murni atau batangan, tentunya juga ada sertifikat atau surat-surat yang menyertainya bukan, nilainya juga akan semakin mahal seiring dengan bobotnya yang kian berat.

Namun sebagaimana yang diketahui bahwa jenis pinjaman atau kredit semacam ini juga ada konsekuensi atau resikonya. Yaitu ketika Anda tidak mampu untuk melakukan pelunasan kepada pihak bank atau lembaga pembiayaan tersebut, maka barang akan langsung disita. Untuk itu pastikan menjadi debitur yang cerdas dan juga disiplin dalam membayar hutang pinjaman untuk modal usaha tersebut. Ingat-ingat selalu tanggal jatuh temponya, usahakan ketika sudah gajian atau ada uang yang cukup, maka bisa langsung Anda gunakan untuk membayar cicilan tersebut, semakin cepat lunas maka akan semakin bagus, karena beban pikiran juga akan berkurang.

Related posts